Sepeda Fixie

Tentang Sepeda Fixie

Belakangan ini, Sepeda Fixie sering kita jumpai di jalanan. Yap, sepeda yang unuk ini sekarang ini sedang menjadi tren di kalangan anak muda sampai pekerja.

Sepeda Fixie identik dengan gaya minimalis, unik, dan simpel. Sepeda Fixie tidak memiliki rem, dan tidak memiliki gear dinamis belakang. Pedal akan terus berputar selama roda menggelinding. Mengerem sepeda Fixie hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan lajuatau mendorong pedal ke belakang serta dibantu dari roda depan. Jika pedal digenjot ke belakang maka sepeda akan berjalan ke belakang. Ini disebabkan karena sepeda ini menggunakan gigi belakang dengan tipe fix gear atau gear tetap.

Ban pada sepeda Fixie sangat tipis, sehinggaringan ketika digenjot. Velg atau rem Fixie memiliki beraneka macam model. Biasanya dibuat lebih tebal sehingga terkesan unik. Velg yang sebakin tebal biasanya harganya juga semakin mahal. Stang atau handlebar sepeda Fixie dibuat tegak lurus dan lebih pendek dari rata-rata sepeda, sehingga mudah menyusup di kemacetan. Sepeda ini rata-rata cukup ringan. Berat hanay sekitar 11 kg atau bahkan kurang.

Kesan yang ditimbulkan dari sepeda fixie sangatlah menarik. Warna dari sepeda ini biasanya dibuat mencolok dan memiliki khas masing-masing. Warna bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Jika kamu berkeinginan untuk memiliki sepeda ini, maka kamu bisa membeli sepeda yang sudah jadi atau merakitnya sendiri dengan mengumpulkan komponennya secara mandiri.

Sepeda ini tidak hanya digunakan sebagai sarana transportasi, tetapi juga dijadikan gaya hidup oleh sebagian orang. Orang yang biasanya menggunakan sepeda motor bahkan menjadi lebih suka untuk menggunakan sepeda ini. Tentu saja jika jaraknya memungkinkan. Ini tentu saja sangat baik karena dapat mengurangi penggunaan sepeda motor. Ide yang sederhana tetapi cukup bermanfaat. Simple justru menjadi daya tarik dari sepeda yang menjadi gaya anak muda ini.

Fixie itu Fixed Gear

“Sepeda Fixie itu fixed gear”, itulah ungkapan yang ingin saya tekankan dalam tulisan ini. Fixie merupakan kepanjangan dari fixed gear. Apakah anda tau yang dimaksud dengan fixed gear? Fixed gear jenis gear belakang yang bersifat fixed (tetap) pada sepeda. Jadi dalam penggunaannya, putaran pada pada pedal akan memutar dan sebaliknya, putaran roda juga akan memutar pedal. Ketika roda berputar maka pedal akan terus berputar. Ini berbeda dengan sepeda dengan jenis freewhales dimana roda akan tetap berputar walaupun pedal ditahan.

 Seperti itulah yang disebut dengan sepeda fixie. Apabila sebuah sepeda memiliki gear belakang bersifat fixed (fixed gear) maka sepeda itu disebut sepeda fixie. Tak peduli bagaimana bentuk komponen lainnya. Sepeda fixie bisa berasal dari sepeda apapun. Entah itu road bike, MTB, hybrid, sepeda lipat, BMX. Asalkan bertipe fixed gear itu disebut fixie.

 Sepeda yang merupakan jenis primitif dari sepeda ini sedang marak saat ini. Di sudut-sudut kota besar bisa ditemui dengan mudah sepeda jenis ini. Ada yang menggunakannya sebagai alat transportasi. Ada juga sebagai alat olahraga. Bahkan ada juga yang menggunakannya hanya sebagai gaya hidup dan fashion statement.

 Namun bukan sepeda fixie yang apa adanya. Sepeda yang sedang menjadi tren saat ini dilengkapi dengan komponen-komponen beraneka warna dan berbagai jenis. Mulai dari frame, stem, velg, crankset, headset, tyres, dan lain-lain. Ini membuatnya unik dan terliat menarik tetapi terkesan simpel.

 Jadi seperti itulah sepeda fixie. Apapun sepedanya, jika gearnya memiliki tipe fixed maka sepeda itu disebut sepeda fixie.

Memilih Frame Sepeda Fixie

Freme merupakan bagian utama dari sebuah sepeda. Frame sangat dominan dalam membentuk tampilan sepeda apalagi jika sepeda anda sepeda fixie.

Saat ini sepeda fixie memiliki pilihan frame yang beraneka macam. Mulai dari model standar, sampai model custom yang unik dan dan kreatif ada di pasaran.

Bagi anda yang berencana akan membeli frame fixie, sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang penting. Jangan sampai ketika frame sudah dibeli, tapi sesampainya di rumah anda baru sadar ada yang tidak sesuai dengan keinginan anda. hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

Drop Out

Drop out adalah tempat dipasangnya fixed gear yang posisinya di ujung belakang frame. Beberapa jenis drop out yaitu drop out horisontal, drop out semi horisontal, dan drop out vertikal. Untuk sepeda fixed gear pilihlah jenis drop out yang horisontal.  Karena ini akan lebih aman ketika digunakan untuk sepeda fixie. Jika kita menggunakan drop out semi horisontal dikhawatirkan hub akan lepas ketika mengerem atau menggowes ke belakang. Terlebih lagi jika drop out vertikal.

Jadi sebaiknya memilih drop out horisontal. Ini akan membuat anda lebih nyaman.

Drop out horisontal

Drop out semi horisontal

Kualitas Cat

Jika anda membeli frame yang sudah di cat, Perhatikan kualitas catnya. Apakah baik atau tidak. Perhatikan ujung-ujung bagian frame, cat yang buruk biasanya terlihat dengan ujung-ujung frame yang catnya mudah terkelupas.

Masalah warna bebas, itu tergantung selera anda. Namun jika anda bertujuan untuk meng-custom sendiri warna frame anda, tidak perlu begitu memperhatikan kualitas catnya.

Fisik

Pastikan frame pilihan anda masih kokoh dan kuat. Jangan sampai frame tersebut sudah keropos, tentu saja ini akan membahayakan pengguna ketika dipakai.

BB Shell

Perhatikan bagian rumah Bottom Bucket-nya, jika ulir sudah rusak sebaiknya jangan dipilih, atau nanti Anda akan repot untuk meng- kolter nya atau ke bengkel untuk diingkupke, atau dibuat model keroncong seperti sepeda jengki. Perhatikan juga ukuran BB Shell saat memebli BB, Pastikan ukurannya tepat. Berikut ini beberapa ukuran BB Shell:
68 mm – standart untuk mtb
73 mm – standart untuk mtb (perbedaan hanya pada jumlah “ring” dan ketebalannya)
83 mm – biasanya untuk freeride dan dh
100 mm – biasanya untuk freeride dan dh

Bentuk Frame

Pilih bentuk frame sesuai dengan keinginan anda. Namun pastikan frame itu cukup kokoh dan aman untuk digunakan.

Mungkin saat ini sepeda fixie sudah tidak begitu tren, atau bahkan sudah hilang sama sekali dari lingkungan sekitar kita. Dulu, sering kita liat sekelompok pemuda yang bersepeda keliling kota menggunakan sepeda warna warni ini. Namun sekarang jarang sekali bisa ditemui. Yah inilah tren yang sekejam mewabah, sekejap pula ia hilang.

Namun bagi Anda pecinta sepeda fixie sejati, yang benar-benar mencintai sepeda ini bukan sesaat saja, Anda masih dapat mendapatkannya di berbagai tempat. Salah satunya adalah di online shop. Pembelian sepeda semakin mudah, anda cukup duduk manis dirumah dan mengklik mouse Anda, sepeda siap dapat dikirimkan ke rumah anda dalam beberapa hari.

Terkait pengiriman, saat ini pun banyak jasa pengiriman yang menyediakan tarif yang kompetitif. Mengingat sepeda fixie merupakan barang yang cukup besar, perlu teliti dalam memilih jasa pengiriman karena pasti akan terkana biaya berdasarkan volume. Pos Indonesia menurut saya adalah salah satu jasa pengiriman dengan harga yang cukup terjangkau. Karena ada paket jumbo yang ditawarkannya.

Demikian sekilas tentang cara memilih frame fixie, somoga bisa membantu anda memahami sepeda yang unik ini. :).

go gowes go green!

salam.

nafnganef

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar