Jangan Salah Memilih Frame Sepeda Fixie

Freme merupakan bagian utama dari sebuah sepeda. Frame sangat dominan dalam membentuk tampilan sepeda apalagi jika sepeda anda sepeda fixie.

Saat ini sepeda fixie memiliki pilihan frame yang beraneka macam. Mulai dari model standar, sampai model custom yang unik dan dan kreatif ada di pasaran.

Bagi anda yang berencana akan membeli frame fixie, sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang penting. Jangan sampai ketika frame sudah dibeli, tapi sesampainya di rumah anda baru sadar ada yang tidak sesuai dengan keinginan anda. hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

Drop Out

Drop out adalah tempat dipasangnya fixed gear yang posisinya di ujung belakang frame. Beberapa jenis drop out yaitu drop out horisontal, drop out semi horisontal, dan drop out vertikal. Untuk sepeda fixed gear pilihlah jenis drop out yang horisontal.  Karena ini akan lebih aman ketika digunakan untuk sepeda fixie. Jika kita menggunakan drop out semi horisontal dikhawatirkan hub akan lepas ketika mengerem atau menggowes ke belakang. Terlebih lagi jika drop out vertikal.

Jadi sebaiknya memilih drop out horisontal. Ini akan membuat anda lebih nyaman.

Drop out horisontal

Drop out semi horisontal

Kualitas Cat

Jika anda membeli frame yang sudah di cat, Perhatikan kualitas catnya. Apakah baik atau tidak. Perhatikan ujung-ujung bagian frame, cat yang buruk biasanya terlihat dengan ujung-ujung frame yang catnya mudah terkelupas.

Masalah warna bebas, itu tergantung selera anda. Namun jika anda bertujuan untuk meng-custom sendiri warna frame anda, tidak perlu begitu memperhatikan kualitas catnya.

Fisik

Pastikan frame pilihan anda masih kokoh dan kuat. Jangan sampai frame tersebut sudah keropos, tentu saja ini akan membahayakan pengguna ketika dipakai.

BB Shell

Perhatikan bagian rumah Bottom Bucket-nya, jika ulir sudah rusak sebaiknya jangan dipilih, atau nanti Anda akan repot untuk meng- kolter nya atau ke bengkel untuk diingkupke, atau dibuat model keroncong seperti sepeda jengki. Perhatikan juga ukuran BB Shell saat memebli BB, Pastikan ukurannya tepat. Berikut ini beberapa ukuran BB Shell:
68 mm – standart untuk mtb
73 mm – standart untuk mtb (perbedaan hanya pada jumlah “ring” dan ketebalannya)
83 mm – biasanya untuk freeride dan dh
100 mm – biasanya untuk freeride dan dh

Bentuk Frame

Pilih bentuk frame sesuai dengan keinginan anda. Namun pastikan frame itu cukup kokoh dan aman untuk digunakan.

Demikian sekilas tentang cara memilih frame fixie, somoga membantu :).

go gowes go green!

salam

    • hani
    • Juli 11th, 2011

    frame fixie rata2 harganya berapa ya mas? matur nuwun

    • tergantung framenya gan, kalo yang lokal ada mulai harga 150. itu di jogja.

    • johnbanting
    • Juli 12th, 2011

    Kalo toko2 yg jual frame yg murah plus harga miring di jogja sblh mana mas?? Maklum pendatang baru di jogja. penginnya frame yag kuat, bagus, n cocok buat sepeda simpel serupa fixie (fixtor). Mau bikinin adik saya, soale blm bisa pk gear tunggal.hehehehehe…. Maturnuwun mas…..

    • vega
    • Juli 28th, 2012

    klo biin freme costom dmn

    • di tempat customnya gan. biasanya di bengkel2 las ato advetising jg bisa.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar